Apa Itu Manajemen Warehouse

05.07 Oktaviani91 0 Comments




Manajemen persediaan adalah kumpulan proses yang berhubungan dengan manajemen rantai pasok, perkiraan permintaan (Demand forecasting), mengontrol inventaris, dan reverse logistics. Manajemen persediaan adalah bagian atau tahap pertama yang diambil sebelum menjalankan manajemen gudang. Menggunakan aplikasi sistem inventory akan memudahkan Anda mengelola stok barang perusahaan Anda, apabila ingin membuat aplikasinya sekarang sudah ada jasa pembuatan software inventory untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Hal yang termasuk dalam manajemen persediaan adalah seperti persediaan pengaman (safety stok), Economic Order Quantity (EQQ), biaya produksi barang, perputaran persediaan, inventaris yang dikelola pelanggan, dan juga inventaris yang dikelola vendor. Tingkat manajemen persediaan yang diperlukan tergantung pada jenis dan besaran industri, tetapi sebagian besar konsepnya tetap sama. Untuk usaha kecil, manajemen persediaan akan berjalan efektif ketika perusahaan memahami semuanya secara mendetail.

Apa itu Manajemen Gudang?
Disisi lain, manajemen gudang bertujuan untuk mengontrol penyimpanan, stok, dan perputaran produk juga bahan baku di dalam gudang. Mengingat pentingnya sistem inventory barang dalam dunia bisnis sekarang maka dari itu jasa pembuatan program inventory hadir di Indonesia.
 Atau bisa diartikan manajemen gudang sendiri yaitu suatu tatanan untuk mengelola pergudangan dan pendistribusian barang-barang agar barang yang tersimpan tetap dalam keadaan baik dan didistribusikan kepada para konsumen atau vendor pada waktu, spesifikasi, dan jumlah yang tepat.

Kesamaan Antara Manajemen Persediaan dan Manajemen Gudang
Kedua sistem manajemen ini memungkinkan perusahaan untuk menggunakan aplikasi pencatatan untuk melacak bagian dan produk di dalam gudang, memantau tingkat produk, memilih, mengemas, dan mengirimkan barang, menempatkannya ke lokasi yang sesuai, menerima pesanan, dan melakukan stok opname. Perusahaan juga dapat  mengintegrasikan manajemen persediaan dengan manajemen gudang melalui software yang tepat untuk mendapatkan manfaat karena mengetahui bahwa seluruh gudang mereka sudah dikelola dengan baik.

Perbedaan Manajemen Persediaan dan Manajemen Gudang
Ada banyak perbedaan penting dalam hal manajemen persediaan dan manajemen gudang . Perbedaan yang paling mencolok antara manajemen persediaan dan sistem manajemen gudang adalah kompleksitasnya. Sistem manajemen persediaan mengambil pendekatan yang lebih sederhana dengan memberikan Anda jumlah total persediaan di satu lokasi tertentu sedangkan sistem manajemen gudang cenderung lebih rumit dan membagi gudang menjadi beberapa kompartemen dan bagian. Bisa Anda bayangkan jika Anda memiliki banyak gudang?

Di bawah ini adalah beberapa poin yang membedakan kedua sistem tersebut:
Kompleksitas

Sistem manajemen persediaan biasanya lebih sederhana karena menunjukkan jumlah total stok produk atau bahan untuk setiap lokasi penyimpanan tertentu. Sistem manajemen gudang sedikit lebih kompleks, sistem ini memungkinkan perusahaan mengelola seluruh sistem penyimpanan di dalam seluruh gudang. Jika sebuah gudang memiliki beberapa bagian penyimpanan dari produk yang sama, sistem manajemen gudang membantu mengelola semuanya, disisi lain sistem manajemen inventaris hanya akan dapat memberikan informasi tentang berapa banyak produk tertentu yang ada.

Integrasi

Manajemen persediaan biasanya merupakan langkah pertama dalam semua proses yang terjadi di dalam gudang. Namun, manajemen gudang lebih terkait dengan aspek lain dari keseluruhan sistem manajemen yang berhubungan dengan pasokan produksi, penjualan dan distribusi, dan manajemen kualitas. Ini merupakan bagian integral dari operasi yang sedang berlangsung.

Kontrol

Dengan manajemen persediaan, perusahaan dapat mengetahui bahwa mereka memiliki produk tertentu dalam stok dan kuantitasnya. Sedangkan untuk manajemen gudang, sistem ini memungkinkan perusahaan untuk menemukan lokasi tertentu di mana persediaan ditempatkan. Sistem manajemen gudang memberikan  lebih banyak kontrol atas operasi yang terjadi. Dikarenakan sistem ini berisikan lebih banyak informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas lainnya.

0 komentar: